Beranda > Life, Love and Relationship > Most of Us are Masochist?

Most of Us are Masochist?

Well, kata masochist sendiri diambil dari nama seorang penulis sekaligus jurnalis Austria bernama Leopold Ritter von Sacher-Masoch (buat yang pengen tahu lebih jauh soal dia, bisa klik disini). Secara bahasa, oleh beberapa kamus, Masochist didefinisikan sebagai seseorang yang memperoleh kepuasan seksual bila disiksa baik secara emosional maupun fisik oleh orang lain atau dirinya sendiri. Namun dalam hal lain, ini bisa juga ditujukan kepada orang yang suka menyiksa dirinya sendiri.

Dan dalam tulisan ini, definisi kedua yang akan kita bicarakan! Definisi pertama silahkan tanyakan ke dokter Boyke or dokter Naek L. Tobing hehehehehe

Disadari atau tidak, banyak diantara kita yang kadang-kadang suka menyakiti diri sendiri dalam beberapa hal. Misalnya aja, kalau sedang curiga …. rasa curiga itu dipelihara, dikasih umpan sampai berkembang menjadi besar. Tambah sakit rasanya. Sadar kalau rasa itu gak enak, tapi kok ya tetap aja dipelihara. Walau seringkali terbukti kalau kecurigaan itu salah sama sekali.

Atau kadang suka berpikir negatif tentang sesuatu hal yang belum tentu terjadi, alih-alih menjadikannya sebagai satu potensi yang harus diantisipasi, justru lebih sering dipercaya sebagai sesuatu yang pasti terjadi. Gak enak memang, gak nyaman rasanya, tapi anehnya kok ya tetap dipelihara.

Yang lainnya, paling suka menyalahkan diri sendiri secara berlebihan untuk banyak hal. Yang akhirnya justru membunuh potensi baik yang ada, dan akhirnya menciptakan definisi buruk pada diri sendiri (klik disini).

Bukan satu dua orang yang melakukan ini, banyak lho ternyata. Mungkin tidak selalu dilakukan dalam keadaan sadar, tapi kebanyakan sudah menjadi kebiasaan di kehidupan sehari-hari. Ini yang susah! Beberapa bahkan menjadikannya sebagai jalan hidup.

Kalau dipikir-pikir sebenarnya tindakan ini gak ada gunanya yaa. Selain membuat diri sendiri susah dan gak nyaman, kebiasaan-kebiasaan ini tidak pernah menyelesaikan masalah sama sekali. Bahkan, kalau dipikir lebih dalam lagi, tindakan-tindakan masochist di atas, merupakan bentuk kecurangan dan ketidakadilan pada diri sendiri.

Ya mumpung hari jumat, hari yang tepat untuk saling mengingatkan (khususnya pada diri saya pribadi ….-hehehe kaya’ khotbah jum’at-) …. yuuuk kita coba untuk menghilangkan kebiasaan jelek ini. Stop torturing ourself ….

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: